Resume Pembuatan Tote bag Ecoprint sebagai Representasi Kampanye Ramah Lingkungan

 




Unusa – Kelestarian lingkungan dan alam yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembaharuan.

Ecoprint merupakan salah satu teknik pewarnaan tekstil kontemporer yang ditemukan pada abad 20. Teknik pewarnaan tersebut menggunakan bahan alami diantaranya seperti bunga, batang, daun, dan akar yang tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Ilmu pewarnaan teknik ecoprint ini salah satu cara alternatif dalam menunjang pertumbuhan dunia pendidikan dan dunia industri tekstil.

Teknik pewarnaan ecoprint merupakan teknik pewarnaan pencapan. Warna yang dihasilkan dari teknik pewarnaan ecoprint adalah berbentuk motif yang menyerupai bentuk bahan pewarnaan.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan teknik Ecoprint yaitu daun, bunga, batang, maupun akar.Salah satu tumbuhan yang bisa digunakan adalah daun dengan kriteria berbulu halus pada permukaannya seperti daun jati.Metode pewarnaan teknik ecoprint terdiri beberapa macam diantaranya metode iron blanket, metode pukul/pounding dan metode hapazome

Pada metode iron blanket langkah pertama adalah mordanting ini sama dengan mencuci pakaian. Setelah itu siapkan pewarna dari bahan alam dan rendam menggunakan larutan cuka. Lalu, setelah pewarna siap, bentangkan kain yang sudah dibersihkan dan tempelkan dedaunan yang sudah direndam dengan larutan cuka. Kemudian, gulung dengan pipa paralon lalu ikat dengan tali. Tahap terakhir, yaitu kukus kain yang telah diikat selama 2 jam.

Referensi:  Pembuatan Tote bag Ecoprint sebagai Representasi Kampanye Ramah Lingkungan

Facebook

-  Instagram

Lihat juga blog teman saya: Rizqi MA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 1 BToPH 2023

POST NEWS PRA 4 BTOPH

Review SDGS